4 Cara Meningkatkan Motivasi Anak

 

mainantkjogja.com  Sebagai orangtua, pasti akan sangat bangga jika anaknya melakukan pekerjaan tanpa harus ditanya dan diminta. Contoh kecilnya seperti mencuci piringnya sendiri setelah makan, gosok gigi sebelum tidur tanpa harus disuruh dan sebagainya. Biasanya, anak-anak mau  melakukan hal-hal yang ia sukai atau suatu pekerjaan kecil yang akan membuatnya menjadi mandiri dengan caranya sendiri, yang terkadang berbeda dengan apa yang diinginkan oleh orangtua.

Nah, untuk meningkatkan motovasi internal pada anak agar anak menjadi mandiri dan tidak manja, berikut ini beberapa caranya:

  1. Berikan respon kepada anak

Biasanya anak-anak akan termotivasi apabila mereka diberikan tanggung jawab. Jika Anda tidak pernah meminta anak Anda untuk melakukan sesuatu, Akan susah membuat anak Anda termotivasi untuk melakukan sesuatu.

Maka, berilah suatu pekerjaan atau tugas agar anak Anda mempunyai tanggung jawab terhadap tugasnya dan termotivasi agar ia bisa menyelesaikan tanggung jawabnya. Contohnya, memberinya tugas mencuci piringya sendiri setelah makan.

  1. Berikan contoh kepada Anak

Jika Anda ingin memberikan motivasi kepada anak Anda, hak yang sangat penting dan harus dilakukan yaitu memberikan contoh yang baik kepada anak Anda. Ketika anak Anda melihat bahwa Anda tidak pernah menunda suatu pekerjaan, hal itu akan menurun kepada anak Anda. Ia akan menjadi seseorang yang tepat waktu dan tidak pernah menunda suatu pekerjaan apapun.

  1. Cintai Anak Anda Tanpa Terkecuali

Anak Anda harus tahu bahwa Anda sangat mencintainya tanpa terkecuali, meskipun ia melakukan kesalahan. Biasanya, anak-anak yang tahu bahwa Anda mencintainya akan melakukan sesuatu yang dapat membahagiakan Anda dengan caranya sendiri. Cinta yang Anda berikan kepada anak Anda akan menciptakan kesuksesan emosianalnya.

  1. Biarkan Mereka Praktik

Berikan anak Anda kesempatan untuk melakukan apasaja yang mereka suka dan inginkan. Biarkan anak Anda untuk meraih kesuksesan dan merasakan “gagal” sendiri. Dengan seperti itu, motivasi dalam dirinya dan rasa percaya dirinya akan lebih meningkat. Ketika anak Anda mendapat kegagalan, berikan ia semangat dan katakan kalau kegagalannya merupakan awal dari segala kesuksesannya dan dukung anak Anda untuk berusaha lebih keras lagi di lain waktu.

 

Oke, itulah 4 cara meningkatkan motivasi dalam diri anak Anda agar ia menjadi mandiri, percaya diri dan tidak takut gagal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Leave a Reply