Jangan asal pilih mainan untuk anak anda, sesuaikan jenis mainan yang cocok dengan usia anak anda

Masa anak-anak sangat identik sekali dengan dunia bermain. Sebagai orang tua, hendaknya harus dapat memilih mainan yang baik untuk anak. Seperti apa mainan yang baik untuk anak itu? Mainan yang baik untuk anak adalah mainan yang tidak hanya dilihat dari segi menghiburya, tetapi juga harus dilihat dari segi manfaat mainan anak tersebut terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu mainan anak yang dipilih juga haruslah mempunyai nilai edukatif dan disesuaikan dengan usia anak Anda.

Nah jenis mainan yang sesuai atau yang cocok dengan usia anak Anda itu seperti apa? Dibawah ini akan dijelaskan klasifikasi mainan anak yang sesuai dengan usia anak Anda:

mendidik anak TK
mendidik anak TK
  1. Untuk anak usia 0-3 bulan

Mainan anak pada usia 0-3 bulan dapat diberikan mainan gantung, mainan yang mempunyai warna-warna yang mencolok, anak pada usia ini juga bisa dirangsang dengan mendengarkan musik box, bisa dengan menggunakan bel, dan lain sebagainya. Alat-alat dan mainan anak ini dapat bermanfaat untuk merangsang stimulasi sensorik anak.

  1. Untuk anak usia 3-6 bulan

Pada usia ini, bayi sudah mulai bisa menggenggam barang, sudah dapat diajak untuk bermain, dan kelima panca inderanya sudah berkembang. Anak pada usia ini sudah dapat diajak untuk bermain, seperti permainan ciluba. Pada usia seperti ini, anak bisa diberikan jenis mainan, bathbook, boneka berbunyi, teether, mainan yang menggunakan tombol dan kubus meraba. Mainan ini diberikan agar anak dapat belajar menggenggam, meremas dan menggigit.

  1. Untuk anak usia 6-9 bulan

Mainan anak pada usia 6-9 bulan, bisa diberikan mainan jenis balok, boneka tangan, mobil-mobilan, alat musik, buku kain, atau permainan yang dapat bergerak lainnya. Jenis mainan ini mempunyai manfaat untuk memberikan rangsangan motorik anak.

  1. Untuk anak usia 12-15 bulan

Pada usia 12-15 bulan, anak cocok diberikan mainan anak seperti puzzle yang sederhana, buku yang berwarna-warni, belajar menyusun balok, belajar bermain air, kaca, belajar melempar bola.

  1. Untuk anak usia 1 tahun

Anak usia 1 tahun dapat diberikan mainan anak yang berupa menyusun balok-balok yang besar dengan warna-warna yang mencolok, diberikan mobil-mobilan, diberikan mainan yang mempunyai tema binatang, warna-warna, bentuk, buah-buahan, mainan yang dapat ditarik, piano kecil, buku-buku yang bertemakan binatang, buah-buahan, bentuk, dan lain sebagainya.

  1. Untuk anak usia 2 tahun

Mainan anak usia 2 tahun dapat ibu berikan seperti bermain dengan sepeda yang mempunyai roda tiga, bermain dengan buku, air, mainan yang dapat didorong, digerakkkan, dan dapat ditarik, mainan balok, ayunan.

  1. Untuk anak usia 3 tahun

Untuk anak usia 3 tahun, ibu dapat memberikan mainan anak seperti menggambar dan mewarnai dengan menggunakan cat air, menyusun puzzle yang lebih rumit, bermain melempar bola dan menangkap bola, memberikan mainan lilin yang dapat dibentuk-bentuk, atau bisa dengan bermain membuat istana dari pasir.

  1. Untuk anak usia 4 tahun

Untuk usia anak 4 tahun, dapat ibu berikan jenis mainan yaitu bermain sepeda dengan mengayuh sendiri, bermain mewarnai gambar, melukis, bermain boneka dengan aksesoris boneka, sehingga anak mempunyai imajinasi untuk berfikir kreatif dalam menyusun boneka dengan aksesorisnya.

  1. Untuk anak usia 5 tahun

Mainan anak pada usia 5 tahun dapat ibu berikan seperti ular tangga, bermain memotong dan menempel sebuah gambar, memberikan mainan puzzle yang lebih rumit, atau bisa dengan memberikan mainan anak yang berupa mobil-mobilan dengan menggunakan remote control.

Ada juga jenis mainan yang bisa dimainkan bersama orang tua atau teman-teman .

Nah itu tadi sekilas mengenai jenis mainan yang cocok dengan usia anak anda. Jadi jangan sembarangan memberikan mainan untuk anak Anda. Karena jika mainan yang ibu berikan tidak sesuai dengan usia anak, akan berdampak tidak baik dan tidak sehat. Maka berikanlah mainan kepada anak Anda yang sesuai dengan umur anak Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan