Kapan waktu yang tepat bagi orang tua untuk mengizinkan anak bermain di luar rumah?

Bermain di luar rumah merupakan suatu kegiatan yang menyehatkan bagi anak. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari bermain di luar rumah. Misalnya dapat melatih otot dan tulang anak, dapat menambah daya tahan tubuh anak terhadap serangan suatu penyakit, anak dapat belajar bersosialisasi, dan masih banyak lagi. Nah, perlu diketahui untuk Ayah dan Bunda, kapan waktu yang tepat bagi orang tua untuk mengizinkan anak bermain di luar rumah?. Nah untuk menjawabnya dapat dilihat penjelasan berikut ini:

anak main di luar
anak main di luar
  1. Anak pada umur 4-5 tahun

Anak pada umur 4-5 tahun ini, sudah mulai bermain di luar rumah dan bermain bersama dengan teman-temannya. Anak pada usia ini sudah dapat membedakan laki-laki dan perempuan, sudah dapat menggunakan konsep-konsep sebuah bahasa, tingkah laku dari anak tersebut sudah mulai menghindari celaan dan sebuah hukuman.

  1. Anak yang berumur 5-6 tahun

Anak pada umur 5-6 tahun sudah dapat membedakan antara hal yang baik dengan hal yang buruk, anak sudah mulai dapat berinteraksi dengan orang luar dan bermain di luar rumah. Anak yang pada usia ini sudah mulai percaya dengan dirinya sendiri dan suka untuk dipuji.

Ketika anak berumur 6 tahun, anak sudah mulai bergaul dengan orang-orang yang berada di luar rumah, terutama bergaul dengan teman-teman sekolahnya atau teman-teman yang berada di tempat mereka bermain bersama. Anak dengan usia 6 tahun tersebut, sudah mulai timbul perasaan sosialnya. Anak pada usia ini juga sudah mulai ingin tahu dan selalu bertanya.

  1. Anak yang berumur 6-7 tahun

Pada anak yang berusia 6-7 tahun, anak sudah mulai susah untuk diatur, anak juga sudah mulai ngambek, anak tidak mau dicela, disalahkan, dan dihukum. Karena anak pada usia ini mereka cenderung berfikiran bahwa orang lain harus mengkuti apa yang dia inginkan dan bukan malah sebaliknya.

  1. Anak yang beumur 8-9 tahun

Nah, pada umur anak 8-9 tahun, anak sudah mulai aktif, anak sudah mulai menunjukkan bermain sesuai dengan kegemaran mereka dan antara anak perempuan dengan laki-laki sudah berbeda kegiatan yang dilakukannya, sesuai dengan jenis kelamin mereka. Misalnya anak laki-laki lebih suka bermain di luar rumah, seperti bermain perang-perangan bersama dengan teman-temannya. Sedangkan anak perempuan lebih suka memasak, bermain boneka, dan lain sebagainya. Pada usia ini anak sudah mulai suka membantah kedua orang tua, karena anak ingin diakui sifat-sifat mandirinya.

 

Waktu yang tepat untuk anak bermain di luar rumah itu mulai dari umur 4 tahun. Maka dari itu orang tua diharapkan tidak melarang anaknya untuk bermain di luar rumah, karena bermain di luar rumah merupakan hal yang penting bagi anak untuk stimulasi tumbuh dan kembangnya.

Leave a Reply