Pengertian dan Fungsi Mainan Edukatif Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu proses untuk membina anak sejak dari lahir sampai dengan berusia enam tahun, yang mencakup tumbuh kembang seorang anak, baik itu fisik maupun non fisik. Karena PAUD merupakan salah satu pondasi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Bagaimana cara menstimulasi tumbuh kembang anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara normal? Untuk menstimulasi tumbuh kembang anak, dibutuhkan suatu media atau alat yaitu seperti mainan edukatif.

Nah apa pengertian dan fungsi mainan edukatif bagi tumbuh kembang anak? Mainan edukatif merupakan mainan yang dirancang agar dapat memberikan sebuah pengalaman pendidikan atau pengalaman tentang pelajaran kepada orang yang memainkannya, baik itu permainan modern maupun permainan yang tradisional.

Mainan edukatif ini menjadi sebuah alat atau media, untuk membantu dalam melancarkan metode pembelajaran bagi anak usia dini. Dengan menggunakan media mainan edukatif, anak bisa bermain sekaligus mendapatkan banyak pelajaran dan ilmu baru yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

pengertian dan fungsi mainan edukatif
mainan anak edukatif

Mungkin anda belum mengerti betul apa fungsi dari mainan edukatif bagi pendidikan anak usia dini? Nah mainan edukatif mempunyai banyak fungsi bagi pendidikan anak usia dini, seperti dibawah ini:

  1. Mainan edukatif membantu dalam melatih kemampuan motorik

Kemampuan motorik anak ada dua macam, yaitu kemampuan motorik halus dan kemampuan motorik kasar. Kemampuan motorik halus misalnya kemampuan anak untuk meraba suatu benda dengan jari tangannya. Sedangkan kemampuan motorik kasar yaitu kemampuan anak untuk melempar, atau pun mengangkat sebuah benda, dan lain-lain, contohnya melempar bola.

  1. Dapat melatih konsentrasi anak

Mainan edukatif ini dapat digunakan untuk melatih konsentrasi anak, misalnya dalam menyusun permainan puzzel. Dengan bermain menyusun puzzel, anak akan fokus dan konsentrasi agar puzzel tersebut dapat tersusun dengan rapi.

  1. Dengan bermain mainan edukatif dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri seorang anak.
  2. Mainan edukatif melatih kemampuan berkomunikasi, bahasa, dan sosialisasi anak

Dengan bermain bersama-sama menggunakan mainan edukatif, anak akan semakin bertambah kemampuan berkomunikasi dan bahasanya. Mereka dapat belajar bersosialisi antara satu anak dengan anak yang lainnya. Sehingga anak mendapatkan kesempatan untuk bergaul dengan teman-temannya.

  1. Mainan edukatif dapat merangsang imajinasi anak dan kreativitas anak.
  2. Anak dapat mengenal konsep logika yang sederhana

Bermain dengan mainan edukatif membuat anak dapat mengenal konsep logika yang sederhana, dan anak dapat berfikir logis untuk membuat suatu keputusan, misalnya dalam menyusun balok, sebuah balok yang berukuran besar, lebih baik ditaruh dipaling bawah, agar susunan dari balok tersebut dapat seimbang.

  1. Mainan edukatif dapat menumbuhkan rasa sportivitas anak.
  2. Anak dapat mengenal konsep sebab dan akibat

Misalnya bola akan cepat menggelinding dibandingkan dengan balok, karena bentuk bola bulat yang tidak mempunyai sudut, sehingga cepat menggelinding dari pada balok yang berbentuk kotak dan mempunyai empat sudut.

  1. Anak dapat mengenal berbagai jenis warna, tekstur dan juga bentuk dari sebuah benda.

Dengan mainan edukatif anak dapat mengenal berbagai jenis warna-warna yang ada, misalnya warna kuning, warna merah, warna hijau, dll. Anak dapat mengenal tekstur dan berbagai bentuk dari sebuah permainan tersebut, misalnya bentuk bulat, bentuk kotak, bentuk lonjong, atau tekstur lembut, tekstur kasar.

  1. Mainan edukatif dapat menambah pengetahuan dan wawasan anak

Mainan edukatif dapat menstimulasi panca indera anak, yang meliputi indera penciuman, kemudian indera peraba, ada indera pendengaran, indera penglihatan, juga indera pendengaran. Semakin bertambah kemampuan anak untuk mengenali dan mempelajari berbagai macam mainan edukatif, dengan demikian pengetahuan dan wawasan anak akan dapat bertambah pula.

  1. Mainan edukatif dapat menumbuhkan rasa saling gotong royong.

Nah, itulah tadi pengertian dan fungsi mainan edukatif bagi pendidikan anak usia dini. Mainan edukatif memang mempunyai banyak sekali manfaat bagi anak usia dini. Mainan edukatif itu adalah mainan yang mempunyai sifat yang sangat mendidik.

 

jungkat-jungkit
jungkat-jungkit

Apabila anda memerlukan berbagai jenis mainan anak edukatif untuk anak usia dini, silahkan hubungi kami. Kami merupakan produsen dan distributor aneka mainan anak edukatif yang berlokasi di Jl. Wakhid Hasyim 108, Bantul, Yogyakarta. Kami tidak hanya melayani penjualan secara offline, kami membuka penjualan online dan siap mengirim hingga ke luar kota. Hubungi CS kami segera untuk info lebih lanjut.

Customer Service

PIN BB 32E1C89F
SMS/WA 08886925919
Telp. 0274-646 2134

 

Semoga artikel tentang Pengertian dan Fungsi Mainan Edukatif Bagi Pendidikan Anak Usia Dini ini bisa bermanfaat bagi kalian.

Tinggalkan Balasan